Video Pria India Menyelamatkan Gajah Dari Ancaman Perburuan Liar

Video pria India menyelamatkan gajah belakangan ini tersebar secara luas bukan hanya di negeri asalnya melainkan juga di negara kita Indonesia. Maklum saja, bangsa ini terkenal dengan banyaknya pengguna internet khususnya sosial media, sehingga jangan heran apabila berita luar negeri pun bisa viral di sini.

Adalah dokter Sarma, seorang yang memiliki ikatan kuat dan mendalam terhadap satwa liar yaitu gajah selama belasan tahun lamanya. Ia menghabiskan waktu jauh lebih banyak bersama gajah daripada keluarganya sendiri, itu perkataannya sendiri kepada awak media ketika menjalani proses wawancara beberapa waktu lalu.

Video Pria India Menyelamatkan Gajah Dari Ancaman Perburuan Liar

 

Memiliki nama lengkap Kushal Konwar Sarma, ia kini punya julukan baru yaitu ‘dokter gajah’ oleh tetangga sekitar rumah tinggalnya. Video yang viral tersebut menunjukkan beliau sedang mengelus belalai gajah, dan hewan tersebut seakan membalasnya dengan senyuman dan membelai balik kepala Sarma dengan ujung belalainya.

Sarma juga bergabung dengan komunitas satwa liar India dan telah mendedikasikan hidupnya selama kurang lebih 35 tahun sepanjang ia hidup di bumi. Dalam kurun waktu tersebut, Sarma telah menyelamatkan nyawa dari ribuan ekor gajah hutan dari India maupun Indonesia, info berdasarkan data BBC India.

Dokter Sarma tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya manakala ia sedang berada bersama – sama dengan gajah. Meskipun usianya telah menginjak enam puluh tahun, namun semangatnya tetap membara tatkala membicarakan seputar seluk beluk mengenai hewan bernama gajah berikut.

Video Pria India Menyelamatkan Gajah Memiliki Asal Usul Panjang

Ketika ia masih kecil, Sarma tumbuh besar pada sebuah desa yaitu Barma di wilayah sebelah utara India, Assam, bisa anda temukan pada google maps. Sosok yang berada dalam video pria India menyelamatkan gajah tersebut telah hidup berbarengan dengan komunitas gajah yang jumlahnya mencapai hingga lima ribu ekor di desanya.

Berkat jasa beliau, kini sedikitnya ada lebih dari dua puluh tujuh ribu ekor gajah yang terselamatkan dan semakin cerah masa depan pelestariannya. Kisah ini sungguh berbeda jika membandingkannya dengan viral video tiktok India yang banyak dihujat netizen karena kelakuannya yang tidak berperi kemanusiaan.

Video Pria India Menyelamatkan Gajah Memiliki Asal Usul Panjang

Dokter Sarma juga mengaku bahwa usahanya mengenali sifat maupun perilaku gajah selama lebih dari tiga dekade telah membuahkan banyak hasil besar. Salah satunya yaitu ia memiliki kemampuan baru yang jarang dimiliki oleh manusia pada umumnya yaitu memahami pola komunikasi pada hewan gajah.

Sehari – harinya dokter Sarma bukan hanya sekedar memberi gajah ini jadwal makan saja, melainkan jauh lebih besar lagi tujuannya daripada itu. Ternyata ia belajar berbicara dengan setiap gajah yang ia temui menggunakan perantara bahasa isyarat, dan luar biasanya hewan itu mampu memahami gerakan tangan yang ditunjukkan oleh beliau.

Berkat kemampuan uniknya, Sarma kini mulai banyak digemari oleh sebagian besar kawanan gajah di suatu penangkaran yang ia kelola. Mereka terlihat akrab dan mengenali bahwa kedatangan Sarma ke kandangnya adalah sebagai kawan dan tidak punya niat jahat ingin mencelakakan para gajah selama ini.

Berhubungan Erat Melebihi Ikatan Sebuah Keluarga

Dokter Sarma sebagai identitas asli dari video pria India menyelamatkan gajah kini semakin dikenal khalayak ramai baik dalam maupun luar negeri. Sang dokter baik hati itu juga telah menerima penghargaan berupa Padma Shri, yaitu jenis anugerah tertinggi terhadap penduduk sipil di India atas jasanya terhadap pelestarian gajah selama puluhan tahun.

Sarma kemungkinan besar diduga telah merawat melebihi sepuluh ribu ekor gajah sepanjang dedikasinya melestarikan populasi hewan terancam punah itu. Perjalanannya sangat panjang, yaitu kembali ke pada tahun 1984 manakala ia pertama kalinya menemukan seekor gajah sekarat bersama dengan Profesor Subhash Chandra Pathak.

Video Pria India Menyelamatkan Gajah Berhubungan Erat Melebihi Keluarga

Mereka berjalan menuju Taman Nasional Manas hanya demi merawat sang gajah yang diperkirakan akan segera meninggalkan dunia fana akibat sakit keras. Dokter Sarma saat itu sangat menggebu – gebu ingin segera bertemu dengan si gajah dan bertekad untuk mengembalikan kesehatannya seperti sedia kala.

Sebelum kejadian itu, Sarma juga pernah memelihara gajah perempuan yang ia beri nama Laxmi dan ia simpan di pekarangan rumahnya. Saat berusia masih tujuh tahun, Sarma kecil dan Laxmi akan berjalan mengelilingi desa, menyebabkan terciptanya kenangan indah dan manis untuk ia kenang di masa tuanya sekarang ini.

Sekian lama bersama Laxmi, cinta Sarma terhadap hewan gajah semakin tumbuh besar sehingga terbentuk jalinan ikatan kuat antara mereka. berkat itu pula, Sarma memantapkan diri menempuh jalan sebagai seorang dokter hewan supaya bisa menyelamatkan lebih banyak lagi gajah dari ancaman pemburu liar yang mengincar gadingnya.

This entry was posted in Video and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.