Video Hoaks Serangan Lebah di India Dikabarkan Mematikan

Video hoaks serangan lebah baru saja viral berasal dari India dan tersebar pada laman sosial media bernama Facebook belakangan ini. Sejumlah warga negara India menjadi khawatir dan mempertanyakan kebenaran mengenai kemungkinan terjadinya kematian akibat serangan lebah tersebut. Bahkan juga tidak hanya lebah bahwa memang kematian juga biasa terjadi karena banyak orang yang kalah dalam bermain judi Daftar Bandarqq online terpercaya dan juga memang disini saja yang bisa memiliki kemenangan tersebut.

Ketika waban covid sedang gencar merebak, justru warga dikejutkan dengan adegan penyerangan lebah ke sejumlah orang pada sebuah video. Lokasinya terjadi di sebuah ujung jalan utama suatu perkotaan yang hingga saat ini belum diketahui namanya, kecuali bahwa ia pastinya berada di negara India.

Video Hoaks Serangan Lebah di India Dikabarkan Mematikan

Selanjutnya, video tersebut juga memperlihatkan tentang sebuah sosok manusia yang mempertahankan diri dari kerumunan lebah yang mengamuk. Diketahui bahwa ia tengah terjebak pada halaman pertokoan dengan brand bertuliskan CTown pada papan LED nya, dan juga lalu lintas menjadi sepi karenanya.

Kawanan lebah mematikan itu bergentayangan sembari menghinggapi sejumlah kendaraan beroda empat yang terparkir begitu saja di pinggir jalan. Sekilas, semuanya tergambarkan dengan nuansa horor lengkap dengan musik latar belakang mencekam sekaligus goncangan rekaman video layaknya sebuah film dokumenter thriller keluaran Hollywood.

Pada video tersebut, kita juga dapat mengetahui bahwasanya terdapat beberapa korban yang telah tergeletak tak sadarkan diri. Baik laki – laki maupun perempuan, mereka semua bergelimang di jalan tak bergerak sehingga mengesankan seolah ia telah meninggal tak bernyawa lagi dan siap masuk tanah kuburan.

Video Hoaks Serangan Lebah di India Membuat Warga Gempar Karenanya

Video hoaks serangan lebah di India sukses membuat pengunggahnya menjadi viral karena mendapatkan begitu banyak impresi. Ketika berita ini beredar, ia telah meraih lebih dari 2 ribu share serta dihujani komentar mencapai lebih dari lima ratus netizen dan responnya pun sangat beragam sehingga akun Facebook tersebut ramai pengunjung.

Entah mengapa, warga negara India sangat suka dengan sensasi seperti misalnya beberapa waktu lalu beredar video lelaki India mengenakan masker emas. Aksinya menuai perhatian daripada khalayak ramai karena ia melakukan sebuah hal yang nyentrik dan jarang sekali masyarakat umum melihatnya pada kegiatan sehari – hari.

Video Hoaks Serangan Lebah di India Membuat Warga Gempar Karenanya

Penduduk Indonesia sama sekali tidak ada sangkut pautnya, namun malah ikut menjadi gempar dan membicarakan hal ini pada grup Whatsapp. Menyikapi kejadian tersebut, situs resmi milik Kominfo Republik Indonesia memilih untuk tetap berkepala dingin dan menelusuri kebenarannya terlebih dahulu.

Hasilnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat indikasi yang terciri pada video tersebut sedari awal memang mengarah pada sebuah hoaks belaka. Tanggal 7 Mei 2020, video serupa telah lebih dulu disebarkan dengan judul kira – kira berbunyi bahwa Lebah China menyerang New York saat suasana valentine.

Sehari setelahnya, banyak kita temukan artikel pada laman portal berita resmi terpercaya yang memberitakan kejadian tersebut. Lokasi kejadian adalah sebuah supermarket CTown yang berdiri tegak di Bronx, New York, Amerika Serikat, dengan judul Murder Hornets, Running Away dalam bahasa Inggris.

Simpang Siur Antara New York dan New Delhi

Perekam asli dari legenda video hoaks serangan lebah di India tersebut bernama Fausto Urena, seorang warga Bronx yang mengabadikannya pada 5 mei silam. Ia berujar bahwasanya sekawanan lebah mendadak berkumpul menjelang pukul 2 siang waktu setempat.

Berdasarkan informasi dari peternak budi daya lebah yaitu Alistair Christie, ia mengamini bahwa kejadian tersebut merupakan bersifat alamiah dan natural. Lebah mengandalkan instingnya untuk bertemu pada suatu titik dengan tujuan ingin berkembang biak alias mirip seperti acara kawin massal pada spesies manusia.

Video Hoaks Serangan Lebah Simpang Siur Antara New York dan New Delhi

Hanya saja, area hutan yang semakin tergerus oleh aktifitas manusia semakin banyak misalnya pertambangan maupun ladang sawit. Dengan demikian, lebah menjadi terusik dan membalas dendam dengan mengacau ke pemukiman manusia di daerah perkotaan besar seperti Bronx.

Apabila kita membuka kanal Google Street View, maka kalian akan mendapati bahwa supermarket CTown memang tercatat secara rapi pada data mesin pencarian. Alamatnya ada di jalan 264 blok E, Bronx, New York, negara Amerika Serikat, persis sama dengan papan nama yang tertera pada video hoaks yang viral itu.

Seluruh pengumpulan bukti telah meruntuhkan segala macam asumsi liar yang menyatakan bahwa insiden itu baru saja terjadi di India. Dengan demikian, Kominfo menghimbau masyarakat untuk lebih teliti dan kritis dalam menanggapi sebuah rumor apalagi jika penyebarannya melalui sosial media gratisan seperti Facebook.

This entry was posted in Hoax, Video and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.